Manfaat Aplikasi
Komputer pada Perkantoran
Informasi dalam berbagai hal
menjadi amat penting bagi semua bentuk perusahaan. Kegagalan suatu perusahaan
untuk mencerna informasi akan berakibat kepada lemahnya daya saing perusahaan
tersebut terhadap perusahaan lain yang sejenis. Kecepatan dunia usaha
beradaptasi dengan teknologi komputer, khususnya di Amerika berjalan dengan
sesuai dengan perkembangan komputer itu sendiri. Karena bagi pengusaha
penggunaan komputer di suatu perkantoran diharapkan dapat meningkatkan mutu
pelayanan dan efisiensi kerja mereka.
Pada tahap awal mereka menggunakan komputer untuk data
administrasi yang sarat dengan perhitungan angka seperti pembukuan untuk
penerimaan dan pengeluaran, daftar gaji dan penagihan. Selain kemampuan
komputer untuk mengolah data yang cukup besar juga membawa masalah baru seperti
penyediaan tenaga ahli, pendidikan staf perusahaan serta resahnya sebagian dari
personalia perusahaan akan terjadinya pemutusan kerja. Tetapi sedikit demi
sedikit persoalan tersebut dapat diatasi. Para pengusaha berusaha untuk
beradaptasi dengan komputer hingga akhirnya komputer mendapatkan tempatnya di
dunia usaha.
Perkembangan Pengolahan
Data
Pada akhir tahun enam puluhan,
komputer telah banyak dipakai di perusahaan-perusahaan Amerika diantaranya
untuk membantu menangani pengolahan data Administrasi Personalia, Pembukuan,
Inventaris barang, Pembelian dan Penjualan, dan lain-lain.
Melihat aplikasi komputer pada bidang ini mengakibatkan para
pengusaha melihat kesempatan yang lebih besar untuk meningkatkan pemanfaatan
informasi. Kendali perusahaan menjadi lebih baik, dengan tersedianya data yang
diperlukan.
Sejalan dengan perkembangan teknologi komputer, jenis
aplikasi pengolahan data pun semakin meluas, sesuai dengan kebutuhan
perusahaan.
Macam – macam aplikasi computer yang
digunakan di perusahaan
1. Sistem
Informasi Managemen (SIM)
sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada
perusahaan yang bergerak bidang perdagangan barang dan jasa baik pada
perusahaan besar, menengah, bahkan perusahaan kecil. Di perusahaan dagang
seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir)
yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol
oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya secara cepat dan tepat,
untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung rugi laba,
inventori dan sebagainya.
2. Arsip
Elektronik
Dasar pemikiran timbulnya gagasan otomasi
perkantoran karena sebagian dari waktu kerja pegawai habis untuk
melakukan hal-hal yang tidak produktif, antara lain :
a. Banyaknya staf yang menghabiskan waktunya
dengan membuka
arsip dokumen, untuk mencari
bahan yang diperlukan.
b. Para Sekretaris sangat sibuk dengan tugas
administratifnya.
Hal-hal tersebut diatas ternyata dari
sudut efisiensi kerja sangat merugikan. Tanggapan
mengenai masalah diatas adalah dengan memanfaatkan
komputer untuk melakukan beberapa pekerjaan kantor. Diantaranya adalah
masalah pengaturan arsip yang disimpan secara elektronis.
Keuntungan arsip elektronik :
- Mudah dikirim ke bagian-bagian yang membutuhkan, melalui
jalur
komunikasi
- Pencarian dokumen mudah dilakukan
- Kegiatan manajemen, seperti pengaturan jadwal.
Penggunaan
teknologi baru biasanya menimbulkan masalah sosial, bagi
pihak yang menyangsikan kegunaanya. Mereka takut akan hilangnya
kontak sosial diantara pekerja dengan kata lain komunikasi elektronik akan
mengisolasi pekerja dari lingkup sosialnya.
3. Pengolahan
Kata (Word Processing).
Pengolah kata adalah suatu
program aplikasi yang dirancang khusus dan mempunyai fungsi sebagai alat bantu
untuk pembuatan sebuah tulisan atau dokumen pada komputer. Kata-kata dan
kalimat tersebut dapat dibuat sesuai dengan keinginan kita, baik dari jenis
huruf, tata letak dan lainnya. Dahulu pengolah kata yang dikenal dan banyak
digunakan adalah “Wordstar” dan
“WordPerfect”.
Saat ini, pengolah kata yang banyak digunakan adalah
“Microsoft Word” for windows mulai dari versi word 3.X, word 6.0, word97, word2000
dan saat ini word XP. Microsoft word for windows banyak digunakan karena sudah
cukup lengkap sebagai aplikasi pengolah kata dari pengetikan yang sederhana
sampai yang rumit. Selain itu juga versi dari Microsoft word yang ada selalu
kompatibel (dapat digunakan) dengan versi sebelumnya.
4. Surat
elektronik.
Pengiriman surat atau pesan secara
elektronis, baik tulisan maupun gambar dengan beberapa cara penyampaian :
1. Melalui jalur
komunikasi umum ( telepon,komputer,pos).
2. Dengan Facsimili.
3. Komputer yang
terhubung dalam jaringan (LAN)
5. Konferensi
Jarak Jauh
Konferensi melalui komunikasi jarak jauh
untuk menyalurkan
data, suara dan gambar.
panggilan Teleconference adalah alternatif yang sangat baik
bagi perusahaan yang perlu berkomunikasi secara efektif dengan karyawan mereka
di semua lokasi dan bahkan dengan klien yang tidak lokal. Manfaat utama dari
teleconferencing, dibandingkan dengan hanya mencoba untuk berkomunikasi
meskipun email, faks dan pesan suara, atau bahkan satu-satu percakapan telepon
adalah bahwa sekelompok orang dapat mendengar informasi yang sama pada waktu
yang sama. Ini adalah manfaat utama yang sama mengadakan rapat, untuk
menyebarkan informasi kepada kelompok sehingga setiap orang yang terlibat menerima
informasi yang sama persis.
Menggunakan pertemuan teleconference memungkinkan kelompok untuk bertemu tanpa harus berada di lokasi fisik yang sama. Ini berarti bahwa setiap orang yang perlu informasi, atau yang perlu berpartisipasi dalam beberapa jenis diskusi atau acara pengambilan keputusan, bisa melakukannya dari kenyamanan kantor mereka sendiri.
Hal ini secara drastis dapat mengurangi biaya perjalanan bagi perusahaan dan juga dapat membantu agar para eksekutif dan karyawan kunci yang berharga lainnya dari menjadi dikeringkan dan tertekan oleh tuntutan perjalanan. Dengan telekonferensi, orang dapat memiliki akses ke semua informasi yang mereka biasanya ada di kantor mereka sendiri, dan mereka hanya perlu untuk panggilan ke layanan telekonferensi pada waktu yang tepat.
Selain itu, bahan rapat dapat dikirim ke depan secara fisik melalui kurir atau jasa pengiriman, atau bahan dapat dikirim secara digital, melalui lampiran email yang masing-masing peserta dapat mencetak pada akhir mereka. Dalam kebanyakan kasus, teleconference host oleh sebuah perusahaan yang menyediakan layanan telekonferensi grup.
Menggunakan pertemuan teleconference memungkinkan kelompok untuk bertemu tanpa harus berada di lokasi fisik yang sama. Ini berarti bahwa setiap orang yang perlu informasi, atau yang perlu berpartisipasi dalam beberapa jenis diskusi atau acara pengambilan keputusan, bisa melakukannya dari kenyamanan kantor mereka sendiri.
Hal ini secara drastis dapat mengurangi biaya perjalanan bagi perusahaan dan juga dapat membantu agar para eksekutif dan karyawan kunci yang berharga lainnya dari menjadi dikeringkan dan tertekan oleh tuntutan perjalanan. Dengan telekonferensi, orang dapat memiliki akses ke semua informasi yang mereka biasanya ada di kantor mereka sendiri, dan mereka hanya perlu untuk panggilan ke layanan telekonferensi pada waktu yang tepat.
Selain itu, bahan rapat dapat dikirim ke depan secara fisik melalui kurir atau jasa pengiriman, atau bahan dapat dikirim secara digital, melalui lampiran email yang masing-masing peserta dapat mencetak pada akhir mereka. Dalam kebanyakan kasus, teleconference host oleh sebuah perusahaan yang menyediakan layanan telekonferensi grup.
6. Information
Retrieval
Pengambilan kembali informasi/data yang
telah disimpan dalam komputer.
7. Kegiatan
Manajemen.
Kegiatan ini memanfaatkan komputer untuk
mengingatkan para
pengelola tentang jadwal-jadwal
penting,pengaturan jadwal
proyek, jadwal penugasan, dll.
SEKILAS TENTANG
OTOMATISASI PERKANTORAN
Otomatisasi dimulai di pabrik
dan menyebar ke kantor dalam bentuk otomatisasi kantor (office automation),
atau OA.
Awalnya OA dimasudkan untuk membantu pekerja sekretarial dan
administratif, kemudian meningkat pada tingkat manajer dan profesional sebagai
pemakai untuk meningkatkan produktifitas mereka
Sedikitnya ada 11 penerapan OA, ada yang menggunakan
komputer ada pula yang tidak. Penerapan OA dipengaruhi oleh :
jenis organisasi, pilihan pribadi manajer, dan sumberdaya OA
yang tersedia
MANFAAT
Automatisasi Perkantoran
merupakan kaitan berbagai komponen dalam menangani informasi; mulai dari input
hingga distribusi dengan memanfaatkan bantuan teknologi secara optimal dan
campur tangan manusia secara minimal. Dengan demikian akan membuat informasi
menjadi lebih mudah dan murah digunakan, dipindahkan, dan dirawat. Pada
akhirnya dapat meletakkan landasan yang kuat untuk integrasi informasi sehingga
perusahaan mampu berkompetisi lebih baik (competitive advantage)
Dengan mempelajari matakuliah ini, mahasiswa dapat
menerapkan ilmu yang diperoleh dalam matakuliah Pengantar PDE, Sistem Informasi
Manajemen dan Jaringan Komputer
KONSEP-KONSEP PENTING
Proses yang terjadi di perkantoran seperti halnya
proses manufaktur selalu mengarah ke otomatisasi
OA berevolusi dari aplikasi-aplikasi yang terpisah dan
tanpa rencana menuju aplikasi yang terencana dan terpadu (IOAS – integrated office automation system)
OA memudahkan penerimaan dan pengiriman informasi
OA dapat memberikan keuntungan lebih besar melalui
pengambilan keputusan yang lebih baik
OA sebagai pelengkap bagi metode komunikasi tradisional
bukan sebagai pengganti
ASAL MULA OA
Asal mula OA dapat ditelusuri kembali ke awal tahun
1960-an, ketika IBM menciptakan istilah word processing untuk menjelaskan
kegiatan divisi mesin tik listriknya
Bukti nyata pertama dari konsep baru ini datang pada
tahun 1964, ketika IBM mulai memasarkan mesin MT/ST (Magnetic Tape/Selectric
Typewritter); yang
merupakan mesin tik IBM yang menampilkan pentikan berbentuk
bola berputar yang ditempeli unit pita magnetik. Pada saat pemakai mengetik
suatu huruf, maka informasi tersebut disimpan dalam pita
PENGERTIAN
OA mencakup semua sistem elektronik formal dan
informal terutama berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang-orang
di dalam maupun diluar perusahaan
Beberapa sistem OA direncanakan secara formal dan
didokumentasikan dengan suatu prosedur tertulis. Sistem formal ini diterapkan
di seluruh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan organisasi, mirip dengan SIM
(Sistem Informasi Manajemen)
Namun sebagian besar sistem OA tidak direncanakan atau
diuraikan secara tertulis. Sistem-sistem informal ini diterapakan saat
diperlukan oleh perorangan untuk memenuhi keperluannya sendiri, mirip dengan
DSS (Decision Support System)
Yang membedakan OA dengan CBIS (Computer Based Information
System) lain adalah komunikasi. OA dimaksudkan untuk memudahkan segala jenis
komunikasi baik lisan maupun tertulis
PENGGUNA
OA digunakan oleh semua orang yang bekerja di dalam
kantor, yang dikategorikan dalam 4 kelompok : manajer, profesional, sekretaris,
pegawai administrasi. Manajer dan profesional dikenal sebagai knowledge-workers
(pekerja terdidik)
Manajer adalah orang yang bertanggungjawab mengelola
sumberdya perusahaan, terutama sumberdaya manusia
Profesional tidak mengelola orang lain tapi menyumbangkan
keahlian khusus. Contoh profesional adalah pembeli, wiraniaga, ahli statistik,
ahli pemasaran, dll.
Sekretaris dan pegawai administratif membantu pekerja
terdidik untuk melaksanakan berbagai tugas seperti korespondensi, menjawab
telepon, dan mengatur jadwal pertemuan, mengoperasikan mesin fotokopi,
menyimpan dokumen, dan mengirimkan surat
TUJUAN OA
Secara umum OA dianggap sebagai cara untuk
meningkatkan produktivitas; yang memungkinkan para pekerja kantor memproses
lebih banyak dokumen secara lebih cepat dan lebih baik serta dengan penampilan
yang lebih menarik; dan mampu menyediakan informasi yang lebih baik untuk
pengambilan keputusan
STRATEGI
Penggunaan komputer dimaksudkan sebagai cara untuk
menghindari biaya (cost avoidance). Komputer tidak bisa menggantikan pegawai,
tapi untuk menunda penambahan pegawai yang diperlukan untuk menangani beban
kerja yang bertambah
OA tidak akan mampu menggantikan semua komunikasi
interpersonal tradisional – percakapan tatap muka,
percakapan telepon, dan sejenisnya. OA bertujuan untuk melengkapi komunikasi
tradisional sehingga menghasilkan komunikasi yang penuh daya (powerful)
APLIKASI OA
Sedikitnya terdapat 11 aplikasi :
Pengolahan kata (word processing)
Surat elektronik (electronic mail)
Pesan suara (voice mail)
Kalender elektronik (electronic calendar)
Konferensi audio (audio conference)
Konferensi video (video conference)
Konferensi komputer (computer conference)
Faksimili (faxcimile)
Videotex
Pencitraan (imaging)
Desktop publishing
Terdapat teknologi yang relatif baru, yaitu telecommuting;
yaitu penggunaan fasilitas komunikasi elektronik untuk menghubungkan para
pekerja yang melaksanakan pekerjaan dari rumah / luar kantor dengan sumberdaya
perusahaan
Penjelasan singkat :
Pengolahan kata adalah penggunaan alat elektronik
yang secara otomatis melaksanakan banyak tugas-tugas yang diperlukan untuk
menyiapkan dokumen yang diketik atau dicetak
Surat elektronik adalah penggunaan jaringan
komputer yang memungkinkan para pemakai mengirim, menyimpan, dan menerima
pesan-pesan dengan menggunakan terminal komputer dan alat penyimpanan
Pesan suara serupa dengan surat elektronik.
Bedanya, pesan ini dikirim dalam bentuk suara, dan menggunakan telepon untuk
mengambil pesan-pesan yang dikirimkan
Kalender elektronik adalah penggunaan jaringan komputer
untuk menyimpan dan mengambil kalender pertemuan
Konferensi audio adalah penggunaan peralatan
komunikasi suara untuk membuat suatu hubungan suara diantara orang-orang yang
tersebar secara geografis dengan tujuan melaksanakan konferensi
Konferensi video adalah penggunaan peralatan
televisi untuk menghubungkan para peserta konferensi yang tersebar secara
geografis. Peralatan tersebut menyediakan hubungan audio dan video
Konferensi komputer adalah penggunaan jaringan
komputer untuk memungkinkan orang-orang bertukar informasi untuk menyelesaikan
suatu masalah; mirip dengan email ��membentuk
mailing list (milis)
Fax adalah penggunaan peralatan khusus yang dapat
membaca citra dokumen pada satu ujung saluran komunikasi dan membuat salinannya
di ujung yang lain
Videotex adalah penggunaan komputer untuk
menampilkan pada layar monitor materi narasi dan grafik yang tersimpan. Pada
saat ini dapat digunakan TV untuk menampilkan videotex
Pencitraan merupakan penggunaan OCR (optical
character recognition) untuk mengubah catatan-catatan kertas atau microfilm
menjadi format digital untuk disimpan dalam alat penyimpanan sekunder. Setelah
disimpan citra tersebut dapat diambil untuk ditampilkan atau dicetak
Desktop publishing adalah penggunaan komputer
untuk menyiapkan hasil cetakan yang kualitasnya sama dengan yang dihasilkan
typesetter. Misalnya untuk membuat surat, menyusun presentasi, atau membuat
brosur
Tidak ada komentar:
Posting Komentar